Powered By Blogger

Jumat, 24 September 2010

Pembaruan Perangkat Lunak Perangkat


Pembaruan Perangkat Lunak Perangkat

Tanya Jawab

Persiapan

  1. Bagaimana cara menggunakan perangkat untuk melakukan pembaruan?
  2. Bagaimana cara menggunakan PC untuk melakukan pembaruan?
  3. Bagaimana cara memastikan semua musik dan permainan akan berfungsi setelah pembaruan?
  4. Metode pembaruan apa yang harus digunakan?
  5. Apa sebenarnya yang saya perbarui?
  6. Apa sajakah persyaratan untuk melakukan pembaruan?
  7. Perangkat apa yang didukung?

Masalah sebelum melakukan pembaruan

  1. Mengapa perangkat lunak baru untuk perangkat saya tidak dapat diperoleh?
  2. Bagaimana cara memeriksa perangkat lunak baru?
  3. Pembaruan Perangkat Lunak Nokia tidak diinstal dengan benar. Apa yang dapat dilakukan?
  4. Pembaruan Perangkat Lunak Nokia tidak dapat diaktifkan. Apa yang dapat dilakukan?
  5. Mengapa Pembaruan Perangkat Lunak Nokia tidak mendeteksi perangkat saya?
  6. Bagaimana cara menghapus instalan Pembaruan Perangkat Lunak Nokia dari PC?

Masalah saat pembaruan berlangsung

  1. Layar perangkat tidak menampilkan apapun saat pembaruan berlangsung. Apakah hal ini normal?
  2. Nokia PC Suite memberitahukan bahwa sambungan perangkat terputus. Apakah hal ini normal?
  3. Saya menerima pesan kesalahan sewaktu menggunakan Pembaruan Perangkat Lunak Nokia. Apa yang harus dilakukan?
  4. Saya menerima pesan kesalahan sewaktu menggunakan perangkat untuk melakukan pembaruan. Apa yang harus dilakukan?
  5. Aplikasi firewall PC memberikan peringatan saat pembaruan PC berlangsung. Apakah hal ini normal?

Masalah setelah melakukan pembaruan

  1. Saya menerima pesan "Pembaruan selesai", namun tidak ada aktivitas yang terlihat di perangkat. Apa yang harus dilakukan?
  2. Perangkat "tidak aktif" saat pembaruan berlangsung. Apa yang harus dilakukan?
  3. Mengapa bahasa perangkat berubah setelah pembaruan?
  4. Bagaimana cara “mengatur ulang” perangkat lunak perangkat?
  5. Mengapa kode keamanan perangkat berubah setelah pembaruan?
  6. Saya tidak dapat tersambung ke Nokia PC Suite setelah pembaruan.
  7. Apakah dukungan lain untuk pembaruan tersedia?

Persiapan

  1. BAGAIMANA CARA MENGGUNAKAN PERANGKAT UNTUK MELAKUKAN PEMBARUAN?

    Tips: Sebaiknya selalu cadangkan data sebelum memperbarui perangkat lunak. Namun, memperbarui menggunakan perangkat tidak harus memerlukan cadangan lengkap.
    Langkah 1 Langkah 2 Langkah 3
    Langkah 1 Langkah 2 Langkah 3
    Ketik *#0000# di layar awal telepon atau buka Manajer perangkat (lihat buku petunjuk jika diperlukan) Pilih Pilihan > Periksa pembaruan. Ikuti perintah di layar hingga pembaruan selesai!
    Petunjuk di atas mungkin tidak berlaku untuk semua perangkat. Untuk petunjuk rinci tentang cara memperbarui perangkat tertentu, pilih model pada halaman Pembaruan perangkat lunak perangkat.
  2. BAGAIMANA CARA MENGGUNAKAN PC UNTUK MELAKUKAN PEMBARUAN?

    Catatan: Sebelum melakukan pembaruan, Anda mungkin ingin mencadangkan konten telepon menggunakan Nokia PC Suite. Konten dapat dikembalikan setelah pembaruan selesai.
    Langkah 1 1) Download dan instal Pembaruan Perangkat Lunak Nokia (hanya perlu dilakukan satu kali).
    Langkah 2 2) Sambungkan telepon ke PC menggunakan kabel USB yang sesuai, lalu buka Pembaruan Perangkat Lunak Nokia.
    Langkah 3 3) Ikuti perintah di layar hingga pembaruan selesai!
  1. BAGAIMANA CARA MEMASTIKAN SEMUA MUSIK DAN PERMAINAN AKAN BERFUNGSI SETELAH PEMBARUAN?

    Untuk memastikan konten yang dilindungi DRM akan berfungsi setelah pembaruan perangkat lunak di perangkat, ikuti langkah-langkah berikut:
    • Gunakan Nokia PC Suite untuk mencadangkan memori perangkat dan gunakan Penyimpanan massal atau Pemutar media untuk mentransfer konten. Terdapat dua lokasi memori di perangkat, yakni memori internal dan drive hard disk/kartu memori.
    • Catatan: Konten yang dilindungi Windows Media DRM tidak dapat dicadangkan dan dikembalikan menggunakan metode ini, namun harus disinkronisasi dengan PC agar berfungsi kembali. Hak tambahan harus diambil dari penyedia konten, tergantung pada langganan konten.
    • Anda mungkin harus me-refresh perpustakaan musik setelah memperbarui perangkat.
    • Aplikasi dan permainan harus diinstal ulang setelah menggunakan Pembaruan Perangkat Lunak Nokia.
  2. METODE PEMBARUAN APA YANG HARUS DIGUNAKAN?

    Tabel di bawah ini bertujuan sebagai panduan untuk membantu menentukan metode pembaruan yang paling sesuai untuk Anda. Tabel menunjukkan bahwa kedua metode pembaruan dapat diterapkan, namun perlu diketahui untuk alasan teknis dan alasan operasional lainnya, tidak semua pembaruan perangkat lunak tersedia dengan kedua metode pembaruan tersebut.
    Aplikasi dan paket pembaruan perangkat lunak diberikan secara gratis oleh Nokia. Namun, jika melakukan pembaruan menggunakan perangkat, Anda akan dikenakan biaya transfer data oleh penyedia layanan selular. Untuk informasi rinci, hubungi penyedia layanan Anda.
    Kondisi Metode pembaruan
    Memiliki perangkat yang diaktifkan WiFi dan jalur akses WiFi Perbarui menggunakan perangkat
    Memiliki perangkat dengan tingkat penggunaan data/Internet yang tidak terbatas atau tinggi Perbarui menggunakan perangkat
    Tidak memiliki WiFi atau rencana data ponsel Perbarui menggunakan Pembaruan Perangkat Lunak Nokia
    Tidak memiliki PC yang dilengkapi Microsoft Windows XP atau Microsoft Vista Perbarui menggunakan perangkat
    Tidak memiliki PC yang dilengkapi Internet kecepatan tinggi Perbarui menggunakan perangkat
    Memiliki PC yang dilengkapi Windows XP atau Vista dan sambungan Internet kecepatan tinggi Perbarui menggunakan Pembaruan Perangkat Lunak Nokia
    Tidak memiliki kabel USB Perbarui menggunakan perangkat atau gunakan Pembaruan Perangkat Lunak Nokia dengan kabel yang tersedia dari http://www.nokia.co.id/lokasi-retail.
  3. APA SEBENARNYA YANG SAYA PERBARUI?

    Perangkat lunak perangkat Perangkat lunak perangkat Nokia tertanam di memori perangkat serta dilengkapi aplikasi, misalnya kalender dan buku telepon. Perangkat lunak ini mirip dengan perangkat lunak sistem operasi di PC. Pembaruan terdiri dari fitur baru, aplikasi, dan peningkatan performa perangkat lunak. Pembaruan ini sama seperti pembaruan yang diperoleh di pusat Nokia Care dengan manfaat kenyamanan tambahan (Anda dapat melakukan pembaruan di lokasi manapun yang memiliki jangkauan jaringan atau sambungan Internet).
    Data pengguna, misalnya kontak, foto, pesan, dan aplikasi tambahan seperti permainan Java atau aplikasi Symbian, bukan bagian dari perangkat lunak perangkat.
    Pada model perangkat Nokia tertentu, data pengguna, misalnya kontak dan foto, akan dihapus bila Anda melakukan pembaruan menggunakan Pembaruan Perangkat Lunak Nokia (Pembaruan Perangkat Lunak Nokia akan memberikan peringatan jika hal ini terjadi).
    Jika Anda menggunakan perangkat untuk memperbarui perangkat lunak perangkat tersebut, data pengguna tidak akan dihapus.
    Untuk komputer, kamera, dan perangkat lain yang berisi informasi penting, sebaiknya buat cadangan data sebelum Anda memperbarui perangkat lunak perangkat Nokia agar file tidak hilang.
    Catatan: Nokia sangat menyarankan agar Anda terus memperbarui aplikasi dan perangkat lunak perangkat.
    Catatan: Kemampuan perangkat lunak perangkat Nokia tidak dapat dialihkan ke versi sebelumnya. Setelah meningkatkan kemampuan perangkat, Anda tidak akan dapat mengembalikannya ke versi sebelumnya.
    Catatan: Menggunakan perangkat atau Pembaruan Perangkat Lunak Nokia untuk memperbarui perangkat lunak perangkat tidak akan menghilangkan jaminan. Persyaratan dan ketentuan jaminan standar Nokia berlaku.
    Catatan: Kemampuan perangkat dan perangkat lunak perangkat Nokia tidak dapat dialihkan ke versi sebelumnya. Setelah meningkatkan kemampuan perangkat, Anda tidak akan dapat mengembalikannya ke versi sebelumnya.
    Catatan: Sewaktu memperbarui perangkat, panggilan dapat dibuat dan diterima saat perangkat lunak di-download, namun panggilan akan diakhiri tanpa peringatan sebelumnya bila tahap pembaruan dimulai.
    Memperbarui perangkat lunak perangkat tidak akan mempengaruhi status penguncian jaringan perangkat Nokia (disebut juga penguncian SIM).
    Aplikasi Beberapa perangkat juga dilengkapi aplikasi “Pembaruan Aplikasi” atau “Pembaruan Perangkat Lunak” yang secara otomatis akan memeriksa pembaruan aplikasi untuk Anda.
    Aplikasi yang diinstal melalui “Download!” juga dapat diperbarui menggunakan aplikasi “Download!” tersebut.
  4. APA SAJAKAH PERSYARATAN UNTUK MELAKUKAN PEMBARUAN?

    Pembaruan menggunakan PC
    • PC dilengkapi prosesor 1GHz atau yang lebih tinggi dan kompatibel dengan Pentium
    • Minimal 512 MB RAM (memori) kosong
    • Windows 7, Windows XP atau Windows Vista (64 bit, Home dan Professional). Sistem operasi lainnya (termasuk Mac dan Linux dengan emulator Windows) dapat berfungsi, namun belum diuji.
    • Hak administrasi di PC sewaktu menginstal
    • Sambungan Internet kecepatan tinggi
    • Perangkat Nokia yang kompatibel dengan kartu SIM (dan pengisi daya jika diperlukan – pembaruan tidak akan berjalan jika daya baterai tidak cukup)
    • Kabel sambungan USB Nokia yang kompatibel. Gunakan kabel USB yang diberikan bersama paket penjualan perangkat Nokia. Jika tidak memiliki kabel, Anda dapat menemukan daftar kabel yang kompatibel dengan model perangkat di dukungan situs Web Nokia dalam bagian Aksesori. Catatan: Jika diminta, gunakan modus Nokia, Normal, atau PC Suite.
    • Port USB yang kompatibel di PC. Catatan: Sambungkan kabel USB langsung ke PC. Jangan gunakan Hub USB.
    Pembaruan menggunakan perangkat
    • Perangkat yang kompatibel (untuk metode pembaruan yang tersedia untuk perangkat, lihat http://www.nokia.co.id/softwareupdate)
    • Memori bebas minimal 10 MB
    • Account kartu SIM yang digunakan untuk membuat sambungan data atau Internet
    • Opsional: Akses ke jaringan WiFi. Jika menggunakan perangkat untuk melakukan pembaruan dan perangkat Nokia mendukung Wi-Fi, Anda dapat menggunakan WLAN untuk tersambung ke Internet dan melakukan pembaruan.
  5. PERANGKAT APA YANG DIDUKUNG?

    Daftar perangkat yang saat ini didukung terdapat pada halaman Download Perangkat Lunak Perangkat. Jika perangkat Nokia tidak tercantum dalam daftar, periksa kembali daftar karena produk baru ditambahkan secara rutin.

MASALAH SEBELUM MELAKUKAN PEMBARUAN

  1. MENGAPA PERANGKAT LUNAK BARU UNTUK PERANGKAT SAYA TIDAK DAPAT DIPEROLEH?

    Ketersediaan pembaruan didasarkan pada berbagai hal, antara lain versi perangkat lunak perangkat Nokia yang ada, negara, dan operator. Salah satu variabel tersebut mungkin mempengaruhi ketidaklayakan perangkat Nokia untuk menerima pembaruan.
    Perlu diketahui bahwa penyedia layanan atau operator selular mungkin tidak menyetujui perangkat lunak perangkat Nokia terbaru yang tersedia.
    Nokia membuat banyak variasi yang berbeda untuk setiap produk (untuk berbagai negara dan bahasa) dan tidak semua variasi dilengkapi perangkat lunak perangkat Nokia terbaru. Kami mengutamakan pembaruan semua variasi secepat mungkin. Maaf jika terjadi keterlambatan.
    Perangkat lunak baru mungkin tersedia pada tanggal berikutnya. Untuk memperoleh pemberitahuan bila perangkat lunak baru tersedia untuk perangkat Anda, daftar ke My Nokia, lalu berlangganan pemberitahuan email atau SMS.
  2. BAGAIMANA CARA MEMERIKSA PERANGKAT LUNAK BARU?

    Mendaftar ke My Nokia
    Buka My Nokia, lalu berlangganan pemberitahuan email atau SMS agar kami dapat menginformasikan bila perangkat lunak baru tersedia untuk perangkat Anda.
    Menggunakan perangkat
    Ketik *#0000# di layar awal telepon atau buka Manajer perangkat (lihat buku petunjuk jika diperlukan).
    Pilih Pilihan > Periksa pembaruan.
    Ikuti perintah di layar hingga pembaruan selesai!
    Perangkat tertentu (antara lain Nokia N79, Nokia N85, Nokia E75, Nokia 5630 XpressMusic, Nokia 5730 XpressMusic, dan Nokia 6720 Classic) juga dilengkapi aplikasi “Software Checker” atau “Pembaruan Perangkat Lunak” yang secara otomatis akan memeriksa pembaruan.
    Menggunakan PC
    Anda dapat menyambungkan perangkat ke Pembaruan Perangkat Lunak Nokia, lalu menjalankan aplikasi. Aplikasi akan menjalankan pemeriksaan terlebih dulu, lalu memberitahukan Anda bila terdapat pembaruan yang tersedia.
    Anda juga dapat memeriksa secara online pada halaman ‘Pembaruan dapat dilakukan?’.
  3. PEMBARUAN PERANGKAT LUNAK NOKIA TIDAK DIINSTAL DENGAN BENAR. APA YANG DAPAT DILAKUKAN?

    Jika pesan "Driver kabel berada pada status tertunda" ditampilkan sewaktu menginstal aplikasi PC Pembaruan Perangkat Lunak Nokia, terima penginstalan driver kabel konektivitas.
    Masalah penginstalan lainnya dapat terjadi jika Anda menginstal Nokia PC Suite versi lama di PC. Pastikan Anda telah menginstal Nokia PC Suite versi terbaru yang dapat di-download dari http://www.nokia.co.id/pcsuite.
  4. PEMBARUAN PERANGKAT LUNAK NOKIA TIDAK DAPAT DIAKTIFKAN. APA YANG DAPAT DILAKUKAN?

    Pastikan Pembaruan Perangkat Lunak Nokia tidak berjalan di latar belakang:
    • Di PC, tekan CTRL, ALT & DEL > Task Manager
    • Pilih tab Processes, lalu klik kepala kolom Image Name
    • Gulir daftar proses yang berjalan untuk melihat apakah nsu_ui_client.exe atau nsl_host_process.exe ditampilkan.
    • Jika ya, klik End Process
    • Setelah itu, aktifkan ulang Pembaruan Perangkat Lunak Nokia
    Cara lainnya, periksa pengaturan firewall:
    • nsu_ui_client.exe dan nsl_host_process.exe harus dibolehkan mengakses Internet melalui firewall
    Jika laptop dilengkapi klien VPN (Virtual Private Network) (misalnya, untuk mengakses intranet perusahaan dari rumah), pastikan Anda memperbaruinya atau menonaktifkannya untuk sementara.
    Masalah pengaktifan lainnya dapat terjadi jika Anda menginstal Nokia PC Suite versi lama di PC. Pastikan Anda telah menginstal Nokia PC Suite versi terbaru yang dapat di-download dari http://www.nokia.co.id/pcsuite.
  5. MENGAPA PEMBARUAN PERANGKAT LUNAK NOKIA TIDAK MENDETEKSI PERANGKAT SAYA?

    Terkadang driver pada perangkat Nokia dan kabel konektivitas yang terkait mungkin rusak.
    Masalah pembaruan dan pendeteksian dapat terjadi jika Anda menginstal Nokia PC Suite versi lama di PC. Pastikan Anda telah menginstal Nokia PC Suite versi terbaru yang dapat di-download dari http://www.nokia.co.id/pcsuite.
    Untuk mengatasinya, hapus instalan, lalu instal ulang Pembaruan Perangkat Lunak Nokia dan Nokia PC Suite versi terbaru:
    • Pada Control Panel di PC, buka Add/Remove programs
    • Hapus instalan Pembaruan Perangkat Lunak Nokia (jika terdapat beberapa entri, hapus semua instalan)
    • Hapus instalan Nokia PC Suite
    • Kunjungi http://www.nokia.co.id/pcsuite untuk men-download dan menginstal Nokia PC Suite versi terbaru
    • Kunjungi http://www.nokia.co.id/softwareupdate untuk men-download dan menginstal Pembaruan Perangkat Lunak Nokia terbaru
  6. BAGAIMANA CARA MENGHAPUS INSTALAN PEMBARUAN PERANGKAT LUNAK NOKIA DARI PC?

    Pada Control Panel di PC, buka Add/Remove programs:
    • Hapus instalan Pembaruan Perangkat Lunak Nokia (jika terdapat beberapa entri, hapus semua instalan)
    • Periksa direktori berikut (Anda dapat menghapus instalan jika ada):
    • C:\Program Files\Common Files\Nokia\Service Layer
    • C:\Program Files\Nokia\Pembaruan Perangkat Lunak Nokia
    • C:\Documents and Settings\All Users\Application Data\Nokia\Nokia Service Layer

MASALAH SAAT PEMBARUAN BERLANGSUNG

  1. LAYAR PERANGKAT TIDAK MENAMPILKAN APAPUN SAAT PEMBARUAN BERLANGSUNG. APAKAH HAL INI NORMAL?

    Ya, layar perangkat Nokia tidak menampilkan apapun saat pembaruan berlangsung. Jangan lepaskan perangkat sekarang.
    Layar perangkat akan kembali normal setelah Pembaruan Perangkat Lunak Nokia memberikan laporan "Pembaruan perangkat lunak selesai".
  2. NOKIA PC SUITE MEMBERITAHUKAN BAHWA SAMBUNGAN PERANGKAT TERPUTUS. APAKAH HAL INI NORMAL?

    Nokia PC Suite versi lebih lama (6.8.3 atau yang lebih lama) mungkin menampilkan pesan "Sambungan Nokia [nomor model] melalui USB terputus". Setelah pembaruan selesai, perangkat Nokia akan kembali ditampilkan sebagai tersambung.
    Untuk mengatasinya, download dan instal Nokia PC Suite versi terbaru dari http://www.nokia.co.id/pcsuite atau situs Web Nokia setempat.
  3. SAYA MENERIMA PESAN KESALAHAN SEWAKTU MENGGUNAKAN PEMBARUAN PERANGKAT LUNAK NOKIA. APA YANG HARUS DILAKUKAN?

    "Tidak menemukan telepon yang didukung" Hal ini mungkin terjadi karena:
    • Perangkat Nokia dinonaktifkan.
    • Perangkat Nokia tidak tersambung dengan benar. (Pastikan kabel data USB yang kompatibel telah tersambung antara PC dan perangkat Nokia, ikon "USB tersambung" telah ditampilkan di layar telepon, dan modus USB PC Suite telah dipilih).
    • Model perangkat Nokia tidak didukung oleh Pembaruan Perangkat Lunak Nokia.
    • Jenis model tertentu (misalnya, jika diberikan oleh operator dan dilengkapi fungsi khusus operator yang telah diinstal sebelumnya) tidak didukung oleh Pembaruan Perangkat Lunak Nokia
    • Tidak ada sambungan Internet atau sambungan diblokir oleh firewall maupun Virtual Private Network.
    "Pembaruan perangkat lunak tidak tersedia"
    • Hal ini berarti perangkat lunak perangkat Nokia versi baru saat ini tidak tersedia untuk produk khusus Anda.
    • Perlu diketahui bahwa penyedia layanan atau operator selular mungkin tidak menyetujui perangkat lunak perangkat Nokia terbaru yang tersedia.
    • Nokia membuat banyak variasi yang berbeda untuk setiap produk (untuk berbagai negara dan bahasa) dan tidak semua variasi dilengkapi perangkat lunak perangkat Nokia terbaru. Kami mengutamakan pembaruan semua variasi secepat mungkin. Maaf jika terjadi keterlambatan. Namun demikian, segera periksa kembali karena perangkat lunak baru mungkin tersedia pada tanggal berikutnya.
    • Untuk memeriksa apakah perangkat lunak Anda merupakan perangkat lunak terbaru, baca "Bagaimana cara memeriksa perangkat lunak baru?"
    "Sambungan ke Telepon Terputus"
    Perangkat Nokia tidak dapat dideteksi.
    • Sambungkan kembali kabel USB.
    • Klik Coba lagi untuk melanjutkan pembaruan perangkat
    "Pemulihan telepon"
    Terdapat dua pesan pemulihan yang berbeda, tergantung pada perangkat Nokia. Ikuti petunjuk di layar yang akan membantu membuat sambungan antara Pembaruan Perangkat Lunak Nokia dan perangkat Anda.
    Phone Recovery >
    • Keluarkan baterai dan lepaskan pengisi daya dari perangkat. Lepaskan kabel USB.
    • Masukkan baterai dan sambungkan pengisi daya. Sambungkan kembali kabel USB.
    • Tekan tombol daya pada perangkat selama beberapa detik.
    • Tekan tombol daya pada perangkat selama beberapa detik. Klik Coba lagi untuk melanjutkan pemulihan perangkat.
    Phone Recovery >
    • Keluarkan baterai dan lepaskan pengisi daya dari perangkat. Lepaskan kabel USB.
    • Masukkan baterai dan sambungkan pengisi daya. Sambungkan kembali kabel USB.
    • Klik Coba lagi untuk melanjutkan.
    • Tekan tombol daya pada perangkat.
    "Pembaruan perangkat lunak gagal"
    Hal ini mungkin terjadi karena:
    • Kartu SIM tidak dimasukkan. Masukkan kartu SIM yang valid.
    • Sambungan daya atau Internet terputus saat pembaruan berlangsung. Pembaruan tersebut mungkin telah berhasil. Keluarkan baterai. Jika ternyata perangkat lunak belum diperbarui, coba lagi.
    • Profil Offline atau Penerbangan pada perangkat diaktifkan. Tekan sebentar tombol daya, lalu pilih profil "Umum".
    "Download perangkat lunak gagal"
    Hal ini mungkin terjadi karena:
    Sambungan Internet maupun jaringan terputus atau lambat. (Sebaiknya jangan gunakan sambungan dial-up terkait dengan ukuran file yang akan di-download.)
    Periksa kabel dan sambungan Internet lainnya.
    "Sambungkan pengisi daya"
    Daya baterai tidak cukup. Sambungkan perangkat Nokia ke pengisi daya agar pembaruan PC dapat dimulai.
    "Terjadi kesalahan pada modul internal"
    • Di PC, pilih Start > Run
    • Ketik " regsvr32 c:\winnt\system32\msxml4.dll " dalam kolom Open, lalu klik OK
    • Jika masalah berlanjut, hapus instalan Pembaruan Perangkat Lunak Nokia di PC melalui Control Panel > Add/Remove Programs, lalu instal ulang Pembaruan Perangkat Lunak Nokia tersebut.
  4. SAYA MENERIMA PESAN KESALAHAN SEWAKTU MENGGUNAKAN PERANGKAT UNTUK MELAKUKAN PEMBARUAN. APA YANG HARUS DILAKUKAN?

    "Server jauh tidak merespons"
    Kemungkinan besar perangkat Nokia tidak dapat tersambung ke Internet atau server tidak tersedia. Masalah konektivitas Internet dapat terjadi karena beberapa hal, antara lain kegagalan jaringan sementara pada Internet atau jaringan operator maupun pengaturan jalur akses pada aplikasi pembaruan perangkat (atau browser Web) tidak ada atau salah. Perlu diketahui bahwa jika perangkat mendukungnya, Anda juga dapat menggunakan WiFi untuk tersambung ke Internet dan melakukan pembaruan.
    Anda juga harus memiliki pengaturan Server Pembaruan yang diprogram di perangkat. Pengaturan ini dapat berupa pengaturan khusus operator (untuk petunjuk, hubungi operator Anda) atau pengaturan Nokia standar seperti ditampilkan di bawah ini:
    Ketik *#0000# di layar awal telepon atau buka Manajer perangkat (lihat buku petunjuk jika diperlukan).
    Pilih Pilihan > Profil server > Pilihan > Profil server baru > Salin = Tidak
    Nama Server Nokia
    ID Server Nokia
    Sandi server firmupservpass
    Jalur akses [pilih jalur akses yang dikehendaki]
    Alamat host https://dms.update.nokia.com/dms/omadm
    Port 443
    Nama pengguna nokiams
    Sandi DM nokiamspass
    Bolehkan konfigurasi Ya
    Terima otomatis semua permintaan Ya
    "Pembaruan dibatalkan oleh server" atau "Pembaruan tidak diizinkan. Hubungi penyedia layanan."
    Perangkat Nokia mungkin tidak dapat mengirim pesan yang diminta atau dikehendaki oleh server atau penyedia layanan tidak membolehkan pembaruan. Jika demikian, server dapat memutuskan sambungan. Tunggu sebentar, lalu coba lagi. Jika gagal, hubungi penyedia layanan Anda.
    "Telepon sedang diperbarui. Coba lagi nanti"
    Tahap pembaruan akan aktif hingga sambungan Internet diputus. Tunggu sebentar, lalu coba lagi. Pastikan perangkat Nokia tidak memiliki sambungan Internet lain. Misalnya, Anda tidak sedang meng-upload atau men-download selain pembaruan ini.
    "Tidak ada sambungan jaringan. Tidak dapat men-download."
    Perlu diketahui bahwa jika perangkat mendukungnya, Anda juga dapat menggunakan WiFi untuk tersambung ke Internet dan melakukan pembaruan.
  5. APLIKASI FIREWALL PC MEMBERIKAN PERINGATAN SAAT PEMBARUAN PC BERLANGSUNG. APAKAH HAL INI NORMAL?

    Aplikasi firewall dapat beragam, namun jika diminta, Anda harus membolehkan proses berikut:
    • nsl_host_process.exe
    • nsu_ui_client.exe

MASALAH SETELAH MELAKUKAN PEMBARUAN

  1. SAYA MENERIMA PESAN "PEMBARUAN SELESAI", NAMUN TIDAK ADA AKTIVITAS YANG TERLIHAT DI PERANGKAT. APA YANG HARUS DILAKUKAN?

    Keluarkan baterai, lalu lepaskan kabel lainnya. Masukkan kembali baterai, lalu tekan tombol daya.
  2. PERANGKAT "TIDAK AKTIF" SAAT PEMBARUAN BERLANGSUNG. APA YANG HARUS DILAKUKAN?

    Biasanya, layar perangkat Nokia tidak menampilkan apapun saat pembaruan berlangsung.
    Namun, hal tersebut mungkin terjadi karena sambungan antara aplikasi Pembaruan Perangkat Lunak Nokia dan perangkat Nokia terputus dan layar perangkat tidak merespons.
    • Lepaskan perangkat Nokia dari kabel USB, lalu keluarkan baterai selama 5 detik.
    • Masukkan kembali baterai, lalu tekan terus tombol daya pada perangkat selama 1 detik.
    • Sambungkan kembali perangkat Nokia ke kabel USB, lalu tunggu selama 10 detik.
    • Jalankan kembali Pembaruan Perangkat Lunak Nokia
    Jika perangkat Nokia tidak merespons, coba pulihkan perangkat dengan memformatnya:
    • Tekan terus tombol berikut pada perangkat: 3, green and *
    • Tekan tombol daya pada perangkat selama 1 detik
    • Tekan terus 3, green, dan * hingga nada pengaktifan perangkat berbunyi.
    Jika tetap tidak merespons:
    • Bawa perangkat Nokia ke pusat Nokia Care terdekat. Jika perangkat masih dalam masa jaminan, Nokia akan memperbaiki perangkat berdasarkan persyaratan dan ketentuan jaminan yang berlaku.
    • Catatan: Jika masa jaminan perangkat Nokia telah berakhir, Nokia tidak bertanggung jawab atas kehilangan apapun seperti dijelaskan dalam Perjanjian Perangkat Lunak Pengguna-Akhir. Untuk informasi rinci, kunjungi http://www.nokia.co.id/repair.
  3. MENGAPA BAHASA PERANGKAT BERUBAH SETELAH PEMBARUAN?

    Setelah pembaruan, perangkat Nokia akan diaktifkan ulang dalam bahasa awal. Untuk mengubah bahasa, buka Pengaturan > Telepon > Umum > Bahasa telepon.
    Jika pada awalnya perangkat Nokia dibuat untuk digunakan di negara atau wilayah lain, maka menggunakan Pembaruan Perangkat Lunak Nokia dapat mengalihkan kumpulan bahasa perangkat yang tersedia ke bahasa awal yang ditetapkan sebelumnya.
    Jika bahasa yang dikehendaki tidak lagi tersedia setelah menggunakan Pembaruan Perangkat Lunak Nokia, Anda harus kembali membawa perangkat Nokia ke pusat Nokia Care agar bahasa tersebut diinstal ulang.
  4. BAGAIMANA CARA “MENGATUR ULANG” PERANGKAT LUNAK PERANGKAT?

    Untuk melihat manfaat terbaru atau mengatasi kemungkinan masalah lainnya, perangkat lunak perangkat tertentu harus diatur ulang.
    • Pastikan Anda telah menginstal Nokia PC Suite versi terbaru.
    • Buat cadangan memori perangkat di PC menggunakan Nokia PC Suite
    • Salin file (musik, video, dokumen, foto, dll.) dari hard drive Nokia N91 ke PC (sebaiknya gunakan penyimpanan massal USB).
    • Salin file penginstalan awal SISX, Java, dll. untuk aplikasi, tema, dll. dari hard drive Nokia N91 atau kartu memori ke PC. (Jangan salin hanya dari direktori/file yang diinstal.)
    • Jika perangkat dilengkapi hard drive internal, format hard drive perangkat Nokia dengan memilih Peralatan > Hard drive > Pilihan > Format hard drive > Format cepat (petunjuk terdapat dalam buku petunjuk).
    • Setelah perangkat diaktifkan ulang sepenuhnya, atur ulang memori perangkat dengan memilih Menu > Peralatan > Pengaturan > Telepon > Umum > Pengaturan Awal Telepon, lalu memasukkan 12345.
    • Kembalikan memori perangkat dari PC menggunakan Nokia PC Suite dengan memilih Cadangkan dari menu PC Suite, lalu memilih Kembalikan.
    • Salin konten hard drive maupun kartu memori dari kartu memori Anda atau PC ke hard drive atau kartu memori yang kosong.
    • Instal ulang aplikasi/tema.
  5. MENGAPA KODE KEAMANAN PERANGKAT BERUBAH SETELAH PEMBARUAN?

    Setelah menggunakan Pembaruan Perangkat Lunak Nokia, berbagai pengaturan (termasuk kode keamanan) akan diatur ulang ke default untuk memastikan pengoperasian yang benar. Masukkan kode keamanan default 12345. Anda dapat mengubah kode keamanan di lain waktu.
  6. SAYA TIDAK DAPAT TERSAMBUNG KE NOKIA PC SUITE SETELAH PEMBARUAN.

    Buka Manajer Sambungan Nokia dari PC Suite (pilihan Kelola Sambungan), lalu pastikan pilihan USB telah dicentang.
  7. APAKAH DUKUNGAN LAIN UNTUK PEMBARUAN TERSEDIA?

    Untuk dukungan dan bantuan di antara pengguna, lihat Diskusi Dukungan Nokia di http://www.nokia-asia.com/get-support-and- software/discussions.
    Banyak pengguna terdaftar yang memiliki pengalaman dalam memperbarui perangkat Nokia dan Anda dapat menemukan jawaban atas pertanyaan yang Anda ajukan.
    Untuk menerima bantuan secara perorangan dari Nokia Customer Care, buat panggilan atau kirim email ke pusat kontak Nokia Care setempat. Untuk informasi rinci, lihat Pusat Nokia Care.

Tidak ada komentar: