Powered By Blogger

Sabtu, 06 Agustus 2011

Menambah Bahasa Tulisan S60v3

Test N73 (hacked)

Akhirnya ketemu juga patch rompatcer untuk menambah bahasa tulisan telepon.
Dulu pada postingan menulis dan membaca huruf arab di ponsel s60v3], aku sempat mengklaim kalau menambah bahasa tulisan telepon pada ponsel N73 tdk bisa jalan, dan skrang anggapan itu aku ralat, karena aku telah menemukan patch rompatcernya.
Moding yang aku terapkan ini bukan hanya untuk symbian N73 saja, tapi untuk type laen bisa mencobanya.

Bahasa tulisan dan bahasa telepon itu berbeda, tidak usah aku jelaskan pasti kalian sudah tahu perbeda'anya, dengan menambah bahasa tulisan kita bisa menulis huruf/karakter dari bermacam2 negara, biar tidak penasaran langsung aja ke pointnya.

Default bahasa tulisan di N73 terdiri dari english, indonesia, malaysia, pilipino. Dan skrang kita coba menambahkanya dengan bahasa laen dr berbagai bahasa negara.

Peralatan yang di butuhkan sbgai berikut:
1. Rompatcher.sis Download dan instal
2. Ptiengine.zip Download
3. Language.zip Download

4. Langselection.zip Download

Setelah smua di download sekarang ikuti petunjuk di bawah.

1. Buka rompatcher, kemudian apply file open4all yg ada didalamnya

image


2. Buka xplorer dan cari peralan yg telah kamu download tadi.
Extract ptiengine.rscyg ada di dalam ptiengine.zip dan taruh ke folder C:\resource\(taruh disini)

3. Buat folder multitap di dalam drive C:\recource\, hasilnya jadi seperti ini C:\recource\multitap.
Kemudian extract smua file yg ada di dalam language.zip dan taruh di folder yg telah dibuat tadi. C:\resource\multitap\(taruh disini).

4. Extract filelangselection.rmp yg ada di dalam langselection.zip dan taruh di folder E:\patches\(taruh disini)
(disitu aku sdiakan 8 file langselection.rmp , silahkan pilih salah satu yg bisa jalan untuk type ponsel kamu)

5. Buka rompatcer terus apply dan add to auto file Langselection.rmp
image

image


6. Sekarang kita liat hasilnya dngan menulis sms, tekan tombol pencil dan pilih bahasa penulisan, disitu akan muncul bahasa penulisan dr berbagai negara yg telah kamu masukan tadi.

image

image


kamu juga bisa melakukan setingan lewat pengaturan telepon dan pilih bahasa penulisan yang mau kamu gunakan.

NB:
Jika ponsel kamu tdk bisa membaca banyak bahasa, maka pasang dulu font yg bisa membaca banyak bahasa.
Maaf aku tidak bisa berikan file fontya, karena file terlalu besar hinggu sulit di upload.
Untuk cara mengganti font silahkan baca di sini.

Comments (RSS / ATOM)

76 Responses to "Menambah Bahasa Tulisan S60v3"

Kiky [03:15 PM, 05-Sep-10]

Bos aq pernah d krimin tex cina sma tmen aq dr hp samsung tp kq d hp aq d bAcANYa cma kotak2??
Solusi dunk bos??
Nah kalo aplikasi yg ini qta pake apa tUlisan cinanya msh kotak2 atau bsa k bAcA??
Tentang foNT yg bsa bAcA Bnyak bhasa ksh tau linkny dunk dmN aq bsa doNLOt??

Adzul Diaez [05:07 PM, 05-Sep-10]

bro0..
Hp qu 5630xm..
Kenapa ya,lang selection'nya ga ada yang cocok.. Ada ga yang cocok ama hp qu.. ?

Adzul Diaez [05:12 PM, 05-Sep-10]

bro0..
Hp qu 5630xm..
Kenapa ya,lang selection'nya ga ada yang cocok.. Ada ga yang cocok ama hp qu.. ?

Ryan [06:30 PM, 05-Sep-10]

Wuaduh, pdhal ak dh brikan smua file langselection yg aku punya.

Ryan [06:31 PM, 05-Sep-10]

Kiky, ntar ak coba compes lg biar bs di upload, link downloadnya ak dh lupa, ga aku simpan

kiky [10:57 PM, 05-Sep-10]

oke bos di tunggu...hehehehehe
aku coba pke app ini dulu wlw pn huruf cinanya gak bsa aku pake tp yg huruf laen kan lumayannnn...hehehehehe

kiky [11:41 PM, 05-Sep-10]

yeeessss mantap bosss appnya...
sukses nch app moding yg ni...hehehehe
cuma huruf cina ga ada yg ada cuma kotak2....ciiiihhuuuuuyyyyy...gak perlu hp BB buat huruf yg unik2....n73 emang hp yg mantap buat di edit..hehehehehe

Nokia 6120c [12:25 AM, 06-Sep-10]

Thank u bos info na, hp ane jd bs bwt nulis bhs.Arab. trs brkrya y! Ane tngg tip and trik laen nya.

Nb: Tp ko, xlo bwt nulis Di OPMIN, bhs penulisan ny gk jln y boz, knp th?

Ryan [02:39 AM, 06-Sep-10]

Kiky sbnre bnyak font yg uni, silahkn jg cri di google. Tp kbanyakan font yg uni tdk bs jalan di ponsel dng fw rendah. Font yg skrng aku pke adalah font comic uni.ttf

Ryan [02:42 AM, 06-Sep-10]

6120c. Mngkin udh jd sytem ponselya kali, klo punyaku bs muncul, جبذسفطجبسبجفجب
ам69юфцщбгд

Pedsro belajar jadi hycker [04:40 PM, 06-Sep-10]

Nice app Boss ni app bisa ga wat s60v5?? Klo ada yg bwt s60v5 tlg upload in dong boss.cz rompatcher nya ga bsa ke install di hp Q boss.tq be4 boss smile

Ryan [05:30 PM, 06-Sep-10]

Untk rompatcher silahkan unduh di link ini.
[color=#990000]http://virgo.mywapblog.com/files/rp.zip[/color]
didalamnya ada 3 rompatcher, mudah2n ada yg co2k.

Pedro belajar jadi hycker [06:16 PM, 06-Sep-10]

Oc tq boss smile,pi ga ada yg cocok boss.emang mungkin hp nya ga bsa hehehehehehe.nasib" sad

Ryan [06:57 PM, 06-Sep-10]

biggrin wkakakak.. Kyaknya hp km prlu dimandikan kembang 7 rupa dulu bos, biar nurut ma km. biggrin

Pedro belajar jadi hycker [09:01 AM, 07-Sep-10]

Wkkwkkwkwkkkwwkwk biggrin lgi nyoba hack pke phonix moga berhasil,n ga da lgi yg bisa halagin lgi tamu yg mau mampir biggrin

Beny Yudha [10:09 AM, 07-Sep-10]

.maz hp q nokia 5630
.knpa lang selection'nya ga bisa,..

Ryan [10:17 AM, 07-Sep-10]

@pedro. Hack phonix? Ksih url'nya donk bos.
@yudha, klo tdk ada yg cocok yg brti ga bs bos, cm itu aja file yg aku punya.

Beny Yudha [10:36 AM, 07-Sep-10]

ok maz ,Trmksh ya,.

Den's [04:19 PM, 08-Sep-10]

Mas,katanya windows 3.1 bsa di pasang di hp symbian,di posting dunk boz,skalian aplikasinya,sumber dari ,vonovic.com

Ryan [05:49 PM, 08-Sep-10]

Iya emang bisa, tp not work di hp aku yg preefp1. Mungkn hnya utk ponsel fp1 dan fp2. Jadi saya tdk brni share.

Adie [08:03 PM, 08-Sep-10]

Boz,tolong bantu cara buat forder multitab di resource dunk..mksh sblumnya

Inda [05:40 PM, 13-Sep-10]

Mas coba km beli hp n86 donk.. Biar hp kita sama, aq bingung dengan ni hp..ntr mas coba kotak katik, aq tinggal ngikut hehe..

Ryan [09:09 PM, 13-Sep-10]

Buat folder multitap ga ada trik khusus, tinggal buat langsung aja udh bs,
inda. Kamu yg blikan hpnya utk aku ya.. biggrin

Sepri [03:19 PM, 16-Sep-10]

Ko' rompatcher nya g' da yg cocok ya, g' mw terinstal... huuuftt..

ada yg punya g' bwt nokia 6120c...??

Ryan [04:30 PM, 16-Sep-10]

@sepri, hp km udah di hack blm, rompatche cm bs di insta pda hp yg udah di hack.

Yudifarhan [11:25 AM, 18-Sep-10]

Boz hp q 6120c,mau nambah bahasa tp tutorial udah dturutin semuax,tp tetep gagal,kira2 apax yg salah,kalo bsa nope bos smsin k 085624269265,thx ea

Ryan [01:44 PM, 18-Sep-10]

Udh ykin bnar blm cara2nya. Coz sumber yg aku dptkan justru di terapkan pda N6120c.

melon [11:16 PM, 18-Sep-10]

semua tutor yg g bisa d jalankan d hPq 6120c, frimware 7.10 salah stunnya ini, penambahan simbol, trus merubah nama tekt pesan, untk yg lain lancar...

Ryan [12:25 AM, 19-Sep-10]

Patch moresymbolnya brangkali yg ga co2k, kdang wlo di aply bs ijo, tp trnyta bs jalan jg. Cob km cri patch moresymbol di blog laen yg menerapkanya pd n6120c

Ryan [12:26 AM, 19-Sep-10]

Ralat, wlo di aply bisa ijo, tp hasilnya ga bs jalan jg

rando [04:01 AM, 19-Sep-10]

makasi banget atas ilmunya.
Aku berhasil menambah bhs tlsn d hp brkt tutorial d blog ini.

Ryan [01:06 PM, 19-Sep-10]

Sukses bwt km @rando

zadin [08:46 AM, 23-Sep-10]

ada bhasa jawa ga mas

Teddy [03:43 PM, 24-Sep-10]

Kang mf mau tnya,.udah slesai semua tp ko gak ngaruh y,klo N73 langselectionny yg mana?

Ryan [12:14 PM, 25-Sep-10]

Klo ga slah udah ak bri nama yg buat n73, di coba dulu smuanya

Teddy [02:06 PM, 25-Sep-10]

Udah kang,di coba tp yg N73 pas di apply di rompatcher malah merah,.g da yg cocok,..Ada yg laen gak kang,.?mf y kang ngerepotin,..sukses bwt virgo,.. -Good luck

Ryan [02:42 AM, 26-Sep-10]

Wauduh.. Koq ga jalan smua di fw hp km, ak cm punya koleksi sgitu aja. Maap bngt ya.

rais [10:15 AM, 26-Sep-10]

Mntep boz app'y bza jln di hp q n70-1 tp syang cma bhs cina yg ga bza. , ада аф дсис рщ‏

riand [05:47 AM, 27-Sep-10]

bos hp sya pngen ada bhasa sundanya kya yg py soner..bisa ga ya ?hp sya e90 hacked

Ryan [07:54 PM, 27-Sep-10]

Untuk merubah bhasa tlpon ga bs dilakukan secara manual, km dtangi aja pusat servi utk nambah bhasa tlpn

amrull [09:00 AM, 28-Sep-10]

maz, cara nambah symbol di hp n73Q koq g'bs z??udah aq cba aq otak-atik brkli2 te2p g'bz...
ap ada yang kurng installanx??
trus maksud dr "mmasukkan symbol tanpa spasi"tu pake symbol yg asli bawa'an hp, ap ad symbol laen??
tlong solusix??

Ryan [12:10 PM, 28-Sep-10]

@amrull, hp km N73 Music edition bukan? Kalo iya mending lewatkan saja modding pnambahan symbol, coz ga bs jln Di N73ME.

Gibr4n [07:51 AM, 09-Oct-10]

Bos rompatcher nya g bs d install d nokia E50 ada yg co2k ga..modl tipe hp ku

olon [06:01 PM, 09-Oct-10]

bos ko ga bisa ya? Smw file2 nya ga bisa d pasang? Knpa y?

Aldi [07:44 AM, 10-Oct-10]

susah amt carnya jd mlez urpex

abu aish [10:54 PM, 11-Oct-10]

mas ryan kmrn sy dah ngikutin tahap demi tahap spt y mas blg tpi koq bahasa indox g bsa terinstal. Sy dah coba macam2 fonts tpi tetap ga bsa kebaca.. Klo boleh mas britahu fonts y cocok u hp sy apa?
Hp sy n73 ME
v4.0839.42.2.1
bhs defaultx inggris mah china sja.

abu aish [11:06 PM, 11-Oct-10]

mas ryan kmrn sy dah ngikutin tahap demi tahap spt y mas blg tpi koq bahasa indox g bsa terinstal. Sy dah coba macam2 fonts tpi tetap ga bsa kebaca.. Klo boleh mas britahu fonts y cocok u hp sy apa?
Hp sy n73 ME
v4.0839.42.2.1
bhs defaultx inggris mah china sja.

Jk [10:26 AM, 18-Oct-10]

Bos.slma ini yg di pos kan bhasa tlsn,q mau tanya,kalau buat ngerbh bhasa telepon ke arab bsa gk bos?kalau bs tlng di share ya tutorialx..merubh bhsa tlsn gk jalan di 5730,tp kalau yg psiloc arabic bs..شكرا

iand [08:17 PM, 19-Oct-10]

sukses terus buat blognya.
mas, saya mau tanya.saya punya hp nokia N97, tapi sayangnya bahasanya cuma support china n english za, padahal hp tsb buat ade saya.
yang saya mau tanyain, ada gag apps supaya hp saya bisa support b.indonesia ?
saya udah cari kemana2 tapi gag ada, saya juga udah coba bawa hape saya ketukang service buat disuntik bahasa, tai gag bisa katanya. saya minta bantuannya,
trims.

iand [08:20 PM, 19-Oct-10]

sukses terus buat blognya.
mas, saya mau tanya.saya punya hp nokia N97, tapi sayangnya bahasanya cuma support china n english za, padahal hp tsb buat ade saya.
yang saya mau tanyain, ada gag apps supaya hp saya bisa support b.indonesia ?
saya udah cari kemana2 tapi gag ada, saya juga udah coba bawa hape saya ketukang service buat disuntik bahasa, tapi gag bisa katanya. saya minta bantuannya,
trims.

Airin [09:21 AM, 22-Oct-10]

Mas klo bhs korea bs gk

Joko [04:27 PM, 15-Nov-10]

Kang trik nambh bhs tulisan di n73me q jalan. Tp kl sls nulis arab lwat sms kok dimenu standar/stanbay mw nulis angka/keypet angka kok gk bs ya. Musti di restat dl br bs dpake keypetnya

idur [03:17 PM, 26-Nov-10]

hp q se w880i bs kagak y,klo bs tolong y d kbari
terima kasih

idur [03:19 PM, 26-Nov-10]

hp q se w880i bs kagak y,klo bs tolong y d kbari
terima kasih

Ryan [08:13 PM, 26-Nov-10]

idur, app tu hnya untk hp symbian. Jd ga bs bwt hp km

xkomic [03:02 PM, 04-Dec-10]

mas lang nya gk ada yang cocok di hp ku, hpku e52 fw 0.51 ada yang lain gk ? kalo ada kasih tau lewat email yah mksh mas

rhei [11:59 AM, 11-Dec-10]

not working on my E63.... =(

smua udah d jaLankan sesuai dgn cara d atas... tapi waktu mw ngetik sms, gak bisa... gak ad huruf yg muncuL dan kadang tiba2 kLuar sendiri... =(

Panji [11:07 AM, 14-Dec-10]

wah
yang punya 5630 pada nyesal nih
macam gue sad

Panji [11:16 AM, 14-Dec-10]

bahasa batak ada
wkwkwkwkwkwwk lol

eno [08:39 AM, 15-Dec-10]

pusing pnya hp n70,nyari aplikasi bwat gnti font'y ssah bgt!

eno [08:39 AM, 15-Dec-10]

nabillah

pepep [02:56 PM, 17-Dec-10]

bos reques cara mengganti logo operator dengan nama profil dunk!!
W btuh euy!!

mixmax [05:04 PM, 19-Dec-10]

Language.zip nya gk bsa d dwnlund,cm 4kb
Tlg d renew donk..thankz

Muhas_6290 [11:24 PM, 22-Jan-11]

Mas riyaaaaann. . . Help me please. ,

Bnyak skali aplikasi yg q instal sering gagal, trmsuk aplikasi bhasa ni, kdang masalah certifikat, kdang signed2 apa itu,
TOLONG WOE BAGI YG TAU CARANYA, KASIH TAU CARA NGEHACKYA . .
sad
Hpq nokia 6290 s60 v3

heng [03:47 PM, 23-Jan-11]

assalamualaikum wr.wb
salam kenal mas ryan, mas hp saya 6120c tp (BM) dari arab bhsnya jg ada 3 plhan 1.english
2.arab
3.prancis
nah kalau saya mau tambahin bhsa indonesia gimana ?
Tolong pencerahanya mas ryan ...

klee [12:19 PM, 31-Jan-11]

gan tiap x ganti bahasa hp slalu restar knpa ya.....thk

davids [03:14 PM, 14-Feb-11]

bos makasih ya atas infonya...
Tdi caranya udah ku c0ba N alhamdulillah brhasil...
Tapi yg menjadi permasalahannya kenapa ya clo di pengaturan bahasanya di setting ke bahasa arab ato waktu nulis sms trus di ubah ke bhs arab kok pada waktu pas mau nulis angka misalnya mau nlf0n nomer baru kok gk muncul angka gtu..?? Makasih

Toto S. Doank [10:32 PM, 26-Feb-11]

Bos, Rompatcher_nya kok gk bs d instal d hp aq(Nokia 5320XM). Ktny "Kesalahan Sertifikat: Hubungi penyalur aplikasi"
Apa mslhny y?

ughyx [10:28 AM, 13-Mar-11]

mas punya qw n73.n gmn ya supaya bisa bahasa cina kayak diatas.qw sudah coba tapi yg bahsa cina gak muncul.tolong mas.

ikian [08:43 PM, 24-Mar-11]

ughyx@ sama hp gua uga gag bsa breng 2 nanya ma bos hacked ma akakakakakakak biggrin

icup [11:16 AM, 31-Mar-11]

mas, aplikasi yg diatas k G bsa di install, kenapa ya?
Kesalahan sertfikasi gitu katanya?
Tl0ng penjelasanya ya mas.

tajullamuku [01:29 PM, 04-Apr-11]


as saya punya problem
1.nggak bisa copy ptiengine.rsd ke folder resource. akan kluar tulisan cant create dir
2.nggak bisa bikin folder multitap c:/resource/multitap/. akan kluar tulisan cant create dir jugak. langsung gimana letak pti arabic.rsc. gimana juga mau bikin folder resource dan mau ngopy ptiengine.rsc. buat ptahuan mas saya guna nokia n82 dan xplore v1.52.
tolong mas solve prob saya ni... makin pusing skrg
mekasih

fahri [08:56 AM, 08-Apr-11]

siip.. top bgt dah...

Rakka [06:29 AM, 13-May-11]

Om virgo request ptiengine.rsc ma ptijavanese.rsc buat aksara jawa dong...,mau copas aksara jawa digoogle kok g dpat2,
sblumnya saya ucpkan trima kasih

gadri [09:52 AM, 23-May-11]

Ngga ad yg filex yg jar yh ?

tajullamuku [12:30 PM, 07-Jul-11]

hello boss.... ngapain ya gak bisa bikin folder multitap d resouce pd xplore. g mana ya mau bikinin?

Tidak ada komentar: